Cara atur joystick Guitar Hero 3: Legends Of Rock

Yup.. sampai juga di penghujung tutorial untuk menikmati keseruan bermain Guitar Hero 3: Legends Of Rock. Pada dasarnya games Guitar Hero 3: Legends Of Rock versi PC ini tidak menggunakan joystick. Loh.. ko gitu?? Terus pake apa?? . yup.. memang benar begitu adanya.. :D . games Guitar Hero 3: Legends Of Rock versi PC ini tidak menggunakan joystick, melainkan menggunakan guitar controller.
Untuk jelasnya bisa kalian cari di google atau videonya di youtube. Nah.. saya tidak akan membahas hal itu, karena games Guitar Hero 3: Legends Of Rock versi PC ini juga bisa dimainkan dengan joystick. Loh.. ko bisa?? Terus gimana caranya?? . Yup.. tanpa bertele-tele dan bicara blablabla ga penting.. mending saya langsung jelasin caranya.. OK.. CEKIPROOT.. :D


1. Install Joy2Key, Bisa Di Download Disini aplikasinya, pada komputer, ini penting untuk mengubah inputan dari joystick menjadi imputan joystick.

2. Untuk pengenalan, langkah selanjutnya adalah mengenal nomer key joystick yang terinstall di komputer, caranya? Masuk control panel, and lanjutkan dengan joystick, atau apalah, saya lupa kalau di Wind XP, saya sendiri pake windows 7, ok dalam kasus ini saya bahas kalau di windows 7,saya  yakin caranya ngga terlalu jauh. So kita masuk ke Start->Control Panel->Hardware and Sound->Device and Printer->Klik kanan pada [Twin USB Joystick]->Game controller setting. Ok dalam kasus ini mungkin nama Twin USB Joysticknya bisa berbeda untuk setiap joystick name, so jangan terkecoh oleh nama. Pastikan iconya adalah gambar joystick, jika ada gambar miyabi, maka jangan sekali-kali di klik. Karena itu merupakan malapetaka buat anda. hahaha..
Setelah melakukan proses pengklikan pada Game controller setting, kemungkinan akan ada gambar seperti beriku ini :



Game Controller
Game Controller
Ingat, ini di windows 7, kalau di windows xp atau yang lainnya mungkin beda tampilannya. Yang jelas kita harus masuk ke Game Controller.

3. Setelah terlihat gambar seperti diatas, kita lanjutkan dengan memilih controller pertama, ya,,, yang paling atas, next klik Properties, sehingga muncullah tiba-tiba gambar seperti dibawah :

Twin USB Game Controller
Twin USB Game Controller
Jika gambar ini benar-benar muncul, maka ucapkan ‘alhamdulillah’ langkah kita selanjutnya akan semain mudah.
Kenali satu persatu tombol joystick anda. Kalau di saya hasilnya seperti ini

∆ = Button 1
O = Button 2
X = Button 3
□ = Button 4
↑ = X Axis
↓ = Y Axis
L2 = Button 5
R2 = Button 6
L1 = Button 7
R1 = Button 8
START = Button 10
SELECT = Button 9

Ok, itu saja sepertinya sudah cukup untuk sekedar memainkan Guitar Hero III.

5. Sekarang setingan selanjutnya adalah pada Game Guitar Hero nya, jalankan guitar hero dan masuk ke Options->Controller->Configuration Keyboard
Untuk saya sendiri, settingan guitar heronya menjadi seperti ini :
Hijau : 1
Merah : 2
Kuning : 3
Biru : 4
Orange : 5
Strum Down : -
Strum Up : [
Star Power : M
Wammy : A


6. Selanjutnya adalah setting joytokey yang sudah terinstall, settingan saya seperti ini.
(klik untuk memperbesar)

Joy2key SettingPerhatikan, untuk Button 3, 5, 6, 7, 8 saya masukan dua keyboar sekaligus, sebagai contoh pada tombol 3 saya klik double, dan keluarlah gambar sebagai berikut :

joytokey configuration lagi
joytokey configuration lagi
Setelah melihat-lihat, maka joystick no 3 cocoknya dengan keyboard nomor 5 untuk menjalankan kunci guitar orange. So karena dengan keyboard harus menekan 2 tombol sekaligus sebagai key lagu dan struming, maka di step ini saya masukan 2 keyboard. Yang satu tombol 5 dan satunya lagi tombol strum down (-). Begitulah hingga tombol ke lima(hijau, merah, kuning, biru, orange).

7. Bereslah semua, kalau setingannya sudah benar, its time to play! Dan ingat, selalu nyalakan joytokey sebelum memainkan guitar hero. Dan coba kalahkan law pada level expert dengan joystick kalau bisa. Khekhekhe… sampe sekarang saya sendiri belum bisa. 

 
8. Cieeeee.. yang ngga merhatiin nomer urut sampe ngga nyadar kalo no.4 kaga ada.. :D











9. Cieeee.. yang udah tau dan percaya terus kaga ngecek bahwa no.4 kaga ada.. padahal beneran ada.. hahaha










10. Cieeee.. yg kembali ke atas untuk ngecek yg ternyata memang tidak ada.. wkwkwkwk..










Yang kaga Ketipu.. berarti kalian memang teliti.. atau cuma beruntung..?? ckckckck..



OK.. SAMPAI JUMPA SOB.. SEMOGA DAPAT BERMANFAA.

0 Response to "Cara atur joystick Guitar Hero 3: Legends Of Rock"